Skip to main content

Profil

Saya Fedy Romamti, mahasiswa Perguruan Tinggi Universitas Udayana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, Jurusan manajemen keuangan angkatan tahun 2016 / 2017. saat ini saya bersyukur dengan dukungan dari keluarga terutama papa dan mama yang selalu mendorong saya untuk terus kuliah lanjut s3 hingga profesor dan orang-orang disekeliling, hingga saat sekarang saya sudah melewati ujian proposal, yang sebelumnya juga ujian kualifikasi dan MKPD ( mata kuliah penunjang disertasi ). Satu perjalanan yang cukup panjang ditahun 2016 yang menggugah hati saya, bahwa saya harus memberikan dan berkontribusi lebih dari Ilmu yang secara praktis saya lakukan di kehidupan sehari-hari yaitu berinvestasi saham secara langsung dan aktif sebagai sukarelawan di yayasan sosial yaitu bali caring community ( yayasan perduli bali - www.balicaringcommunity.org ).

Bidang investasi saham adalah bidang yang begitu saya minati, karena dalam investasi saham memerlukan keahlian dan juga analisa yang tinggi, hal tersebut agar bisa mendapatkan profit yang maksimal dan juga bisa untuk meminimalisir tingkat resiko dalam investasi saham. Dengan tingkat resiko yang cukup tinggi ini membuat saya tertantang untuk mengetahui lebih jauh tentang berinvestasi saham.

Diawali pada tahun 2003, saya mulai mendalami ilmu saham baik secara teori dengan menjalani pendidikan di Universitas Pendidikan Nasional Denpasar-Bali maupun dengan praktek langsung berkecimpung di PT. Trimegah Securities-Denpasar-Bali sebagai Nasabah, kemudian pada tahun 2005 saya mencoba melamar sebagai Referral Agent di perusahaan PT. Valbury Securities-Denpasar-Bali dan disanalah kemampuan saya dalam menganalisa dan memilih saham yang tepat untuk berinvetasi semakin tajam, di perusahaan ini saya berkerja sampai 4 Tahun. Sampai pada tahun 2009, Seorang teman menawarkan saya untuk bekerja di perusahaan sekuritas juga  yaitu PT. Kresna Securities Denpasar-Bali sebagai Administrasi. Dari sinilah saya merasa bahwa saya harus memiliki jenjang karier yang lebih baik di bidang Saham. Oleh karena itu saya mencoba mengikuti ujian WPPE ( Wakil Perantara Pedagang Efek ) di Denpasar pada tahun 2012 dan Puji Tuhan, saya dinyatakan lulus ujian tersebut. Berjalannya waktu, saya memperoleh penawaran untuk menjadi Pimpinan cabang di perusahaan PT. Oso Securities-Kuta-Bali, tanpa ragu-ragu saya mengambil tantangan ini dan menjalani rutinitas dengan target dan tantangan pekerjaan yang semakin berat. Di PT. Oso Securities lah saya banyak memperoleh pengalaman sebagai seorang pimpinan cabang yaitu bagaimana mengelola sebuah perusahaan dengan berbagai macam permasalah mulai dari permasalah Sumber Daya Manusia, Operasional, Marketing, Administrasi, system informasi, hingga target target penjualan

Selain itu,  ketika menjalini perkuliahan S1 di Universitas Pendidikan Nasional Denpasar-Bali, saya juga dipercaya oleh Dosen untuk menjadi asisten Dosen, dan ini mengasah ketrampilan saya untuk berbicara di depan umum dan membawakan bahan mata kuliah yaitu Manajemen Strategi.

Selain pekerjaan, saya juga memikirkan kegiatan sosial. saya merasa bahwa saya juga harus mampu menyalurkan kepedulian sosial kepada sesama. Dan saya ingin terjun langsung untuk benar-benar mengetahui bahwa apa yang sudah kita sampaikan atau berikan, tepat pada orang- orang yang membutuhkan. Dari sanalah, saya mencoba untuk mencari lembaga sosial yang benar-benar kongkrit membantu masyarakat yang membutuhkan. Dan akhirnya pada tahun 2011, saya menemukan Bali Caring Community (BCC) di internet dan saya memilih BCC karna sesuai dengan visi misi saya yaitu untuk menyalurkan kepedulian kita kepada orang lain yang kurang beruntung secara langsung. Sehingga sejak tahun 2011 saya mulai menjalani rutinitas sebagai sukarelawan Bali Caring Community. Secara ringkas : Bali Caring Community Lahir pada bulan Januari 2010, Bali Caring Community (BCC) adalah sebuah komunitas sosial non-profit, non-agama, non-politik, yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. Semangat yang melandasi kegiatan BCC adalah melakukan kebaikan ikhlas tanpa syarat, tidak membeda-bedakan apapun di manapun.
Konsep BCC adalah DIRECT DONATION, BCC menjembatani donatur agar bisa memberikan bantuan SECARA LANGSUNG kepada yang membutuhkan. BCC memfasilitasi bantuan langsung dengan membuatkan rekening bank atas nama warga yang ingin dibantu atau mengantarkan donatur ke rumah yang bersangkutan. Saya menjalani kegiatan sosial bersama BCC sampai dengan saat ini dengan jadwal rutin minimal setiap hari Jumat di minggu pertama dan Ketiga setiap bulannya. 

Pada tanggal 1 maret 2016, saya berhenti kerja dari PT. OSO Securities – Bali dan melanjutkan kuliah s3 di Universitas Udayana Denpasar-Bali Pada pertengahan tahun 2016. Saya ingin menjadi bagian dari masyarakat yang terus berkembang baik secara innovasi, ide dan teknologi informasi yang membuat saya berpikir harus memperlengkapi diri saya dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, untuk lebih mengabdikan diri saya sebagai mahluk sosial kepada keluarga, bangsa dan Negara. Saya optimis, maksimal di tahun 2020 dapat menyelesaikan program Doktor, terbukti dalam kurung waktu 2 tahun yaitu sejak 2016 hingga 2018, saya dapat menyelesaikan beberapa tahap ujian yaitu ujian Kualifikasi, ujian MKPD (Mata Kuliah Penunjang Disertasi ), dan ujian Proposal.

Selain berproses dengan pendidikan saat ini, saya juga sudah beberapa kali diminta untuk menjadi Dosen undangan, untuk beberapa Universitas di Bali seperti Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Nasional, kampus New Media Denpasar-Bali untuk mengajar mata kuliah yang berhubungan dengan Investasi saham.

Dengan mengambil program S3 di Universitas Udayana Denpasar-Bali, saya yakin bahwa diri saya akan semakin diperlengkapi , baik secara teoritik maupun praktek. Yang akan membuat saya semakin percaya diri untuk mengekspresikan ilmu- ilmu yang saya miliki untuk masyarakat luas yang membutuhkannya. Saya ingin mengabdi kepada masyarakat baik sebagai Dosen di Kampus-kampus, Pembicara Seminar Umum maupun relawan khususnya dibidang Sosial

Comments

Popular posts from this blog

Adaro Layak Investasi

Fundamental saham ADRO

Positif =

1. Rasio pasar :  sangat baik
- Dividend yield 8%
- eps > eps industri maupun sektornya
- Per 4,3x < industri maupun sektornya
- Pbv 0,6x < industri maupun sektornya
- Tobin's Q 0,7x
- peg 6,6x
- ev 3,5x
- MoS 31%

2. Rasio profitabilitas : sangat baik
Dpr 48%
Gpm 32%
Opm 25%
Npm 17%
Roe 13%
Roa 8%

3. Rasio likuiditas :sangat baik
Cr 150%
Qr 138%
Cash ratio 86%

4. Ratio leverage : sangat baik
Der 0,6x < industri maupun sektornya

5. Balance sheet = bertumbuh

6. Income statement : bertumbuh

7. Operating cashflow usd 538Jt

8. Terbaik di industri nya dari segi laporan keuangan

9. Kepemilikan saham oleh direksi

10. Setelah thn 2020 akan ada 10-11gw pembangkit listrik tertenaga batubara yg akan beroperasi di indonesia

11. Bisnis model yg terintregasi

Negatif =

1. Pertumbuhan sektornya terendah dibandingkan sektor lainnya

2. Diduga menggelapkan pajak

3. Asing nett sell selama 1 th : - 1,14T

4. Trend harga barubara menurun

5. Kepemilikan asing bai…

PT. Bumi Serpong Damai, TBK ( BSDE ) Memiliki Nilai Intrinsik 2032

Sekilas mengenai PT Bumi Serpong Damai Tbk

PT Bumi Serpong Damai Tbk. (“BSDE”) merupakan pengembang BSD City, kota mandiri terbesar di Indonesia dan flagship project Sinar Mas Land seluas 5.950ha yang terdiri atas kawasan perumahan dan kawasan niaga terpadu. Pada awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk., PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE. Perkuatan portofolio Pendapatan kembali dilakukan pada tahun 2013 melalui aksi korporasi berupa pembentukan tiga Entitas Anak hasil joint venture dengan beberapa
mitra strategis baik itu internasional maupun nasional. Ketiga Entitas Anak tersebut antara lain: 1) PT Bumi Parama Wisesa (BSDE & Hongkong Land), 2) PT Praba Selaras Pratama (BSDE & AEON Mall Japan), 3) PT Indonesia International Expo (BSDE & Dyandra), 4) PT BSD Diamond Development (BSDE…

Mampukah Erajaya memperbaiki kinerjanya ?

Fundamental saham ERAA ( PT. ERAJAYA SWASEMBADA, TBK )
NEGATIF =

1. hutang jangka pendek signifikan dibanding hutang jangka panjang

2. Biaya bunga naik signifikan

3. Data 1 thn, asing melakukan nett sell sebesar 303M

4. EPS turun signifikan

5. Rasio pasar =
- PER 55x ( Q2 2019 ), 27x  Annual 2019 kurang lebih sama dengan industrinya
- EV / EBITDA 29X Q2 2019
- PEG 15X Annual 2019
- dividend yield 2,6%
- Tobin's Q 1,1x
- Nilai Intrinsik 3496 ( 5thn ke depan )
- MoS - 27% ( overvalue )

6. Rasio Profitabilitas ( Q2  2019 )
- GPM 8%
- OPM 2%
- NPM 0,7%
- ROE 2%
- ROA 1%

7. Rasio Leverage
DER 1,3x

8. Rasio Likuiditas
- Current Ratio 141%
- Quick Ratio 66%
- Cash Ratio 6%

9. Pertumbuhan sektornya dibawah pertumbuhan IDX

10. Lebih baik saham TELE ( PT. TIPHONE MOBILE INDONESIA, TBK )

POSITIF =

1. Rasio Pasar
- PBV 1,2x Q2 2019 < Industri nya

2. Equity Bertumbuh

3. Cashflow Operational 1,78T

4. Saham nya Likuid

KESIMPULAN

1. Performa Fundamental = Cukup Baik

2. Performa Harga Saham = Cukup…